Rabu, 02 Oktober 2013

System Unit.

Bagian utama , unit pengolahan dan perangkat , dari komputer mikro adalah unit sistem . Sebuah unit sistem termasuk papan disebut motherboard yang memegang sebuah chip mikroprosesor ( atau CPU ) , chip memori , dan slot ekspansi . Sirkuit elektronik yang tercetak di papan dan menghubungkan antara dua bagian utama dari komputer mikro , penyimpanan mikroprosesor dan primer dan bagian lain . Unit sistem ditempatkan dalam kabinet sistem . Sebuah unit sistem meliputi bagian-bagian berikut :

    
motherboard
    
mikroprosesor
    
Chips memori
    
sistem Jam
    
bis-bis
    
Ports
    
Slot ekspansi dan Kartu
motherboard

    
Sebuah Motherboard atau board sistem adalah cetak , papan sirkuit datar utama dalam perangkat elektronik seperti mikrokomputer . Papan berisi slot ekspansi ( soket ) yang menerima papan tambahan ( Kartu ekspansi) . Dalam komputer mikro , motherboard berisi mikroprosesor , chip penyimpanan utama ( atau kartu memori utama ) , bus , dan semua chip yang digunakan untuk mengendalikan peripheral .
mikroprosesor

    
Sebuah mikroprosesor adalah prosesor yang unsur-unsurnya miniatur menjadi satu atau beberapa sirkuit terpadu yang terkandung dalam silikon microchip tunggal . Ini mengeksekusi instruksi . Dalam komputer mikro , central processing unit ( CPU ) yang diadakan pada mikroprosesor tunggal. Dalam rangka untuk berfungsi sebagai prosesor , itu memerlukan waktu sistem , penyimpanan utama , dan power supply .
    
Beberapa jalur penting mikrokomputer menggunakan beberapa keluarga chip mikroprosesor . Intel dan Motorola adalah perusahaan besar yang memproduksi mikroprosesor penting bagi IBM kompatibel dan komputer Macintosh .

    
Kapasitas mikroprosesor

        
Kapasitas dari chip mikroprosesor diwakili dalam ukuran kata. Sebuah ukuran word adalah jumlah bit ( misalnya , 8 , 16 , atau 32 bit ) bahwa sebuah komputer ( CPU ) dapat memproses pada suatu waktu .
        
Jika kata memiliki lebih bit , komputer ( CPU ) yang lebih kuat dan lebih cepat . Misalnya, komputer 16 - bit - kata dapat mengakses 2 byte ( 1 byte = 8 bit ) pada satu waktu , sementara komputer 32-bit - kata dapat mengakses 4 byte pada suatu waktu . Karena itu, komputer 32-bit lebih cepat daripada komputer 16 - bit .

    
CISC RISC , dan Chips

            
CISC Chips : CISC singkatan Complex Instruction Set Computer . Hal ini diucapkan " Sisk . " CISC adalah arsitektur komputer yang memiliki set besar instruksi . Mesin CISC memiliki beberapa ratus instruksi . Intel Pentium -chip menggunakan desain CISC .

            
RISC Chip : RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer . RISC adalah sebuah komputer yang menjalankan sejumlah beberapa instruksi . Dalam RISC , sebagian besar program umumnya hanya menggunakan beberapa petunjuk . Arsitektur ini memiliki sejumlah kecil instruksi dibangun ke dalam sirkuit dan jika mereka petunjuk dasar yang dibuat untuk menjalankan lebih cepat , maka komputer RISC meningkatkan kinerja. Meskipun mesin RISC hanya sekitar 30 % lebih cepat dari mesin CISC mereka, chip RISC yang lebih murah untuk memproduksi . Artinya , RISC lebih murah per MIPS .

            
Kontroversi : Para pendukung RISC mengklaim bahwa biaya yang lebih rendah dan kecepatan adalah keuntungan ekstrim , sementara lawan mengklaim perbaikan yang tidak besar . Lawan percaya bahwa bahasa mesin baru dan peningkatan kinerja yang lebih besar akan datang . Selain itu , petunjuk berkurang membuat perangkat lunak ( misalnya , kompiler ) menghasilkan kode yang lebih dapat dilakukan. Dengan demikian , pilihan ini tidak jelas.

    
Central Processing Unit ( CPU )

        
The central processing unit ( CPU ) adalah bagian komputasi dari komputer yang menafsirkan dan menjalankan instruksi program . Hal ini juga dikenal sebagai prosesor . Dalam komputer mikro , CPU yang terkandung pada sebuah chip mikroprosesor tunggal dalam unit sistem . CPU memiliki dua bagian : unit kontrol dan unit aritmatika - logika.

        
Unit penyimpanan tambahan yang disebut register dalam unit kontrol dan ALU membantu membuat pengolahan lebih efisien .

            
Control Unit : Sebuah unit kontrol adalah sirkuit yang menempatkan, mengambil, menafsirkan dan mengeksekusi setiap instruksi di unit pengolahan pusat . Unit kontrol mengarahkan sinyal elektronik antara penyimpanan utama dan ALU , dan antara CPU dan input / output perangkat .

            
Atithmetic - Logic Unit ( ALU ) : ALU adalah sirkuit bagian kecepatan tinggi dalam CPU . Unit aritmatika logika - ( ALU ) melakukan aritmatika ( matematika ) operasi , logika ( perbandingan ) operasi dan operasi yang terkait . ALU mengambil data alfanumerik dari memori dan kemudian tidak aktual menghitung dan membandingkan . Ia mengirimkan hasil operasi kembali ke memori lagi 


Chips memori

    
Sebuah chip memori chip yang menyimpan program dan data baik sementara atau permanen . Kategori-kategori utama chip memori RAM dan ROM .

    
RAM Chips

        
RAM singkatan dari random-access memory . Random-access memory memegang data atau instruksi bahwa CPU saat pengolahan . Jenis penyimpanan utama adalah RAM . Artinya , koleksi chip RAM membangun penyimpanan utama .
        
Setiap kali CPU menulis data atau instruksi ke RAM , bisa menghapus isi sebelumnya RAM , dan ketika CPU membaca data atau instruksi dari RAM , itu membuat isinya.

    
ROM Chips

        
ROM adalah singkatan dari read-only memory . Sebuah chip ROM adalah chip memori yang menyimpan instruksi dan data secara permanen . Isinya ditempatkan ke dalam chip ROM pada saat pembuatan dan tidak dapat diubah oleh pengguna . Sebuah CPU dapat membaca dan mengambil instruksi dan data dari chip ROM , tetapi tidak dapat mengubah isi ROM .
        
Chip ROM biasanya mengandung instruksi khusus untuk operasi komputer seperti ROM BIOS . Variasi pada chip ROM adalah sebagai berikut :

            
PROM ( Programmable Read- Only Memory ) : Sebuah perangkat penyimpanan permanen yang menjadi read-only memory setelah itu ditulis sekali oleh pelanggan bukan oleh produsen chip . Sebagai contoh, produsen perangkat lunak dapat menulis instruksi ke PROM menggunakan peralatan khusus .

            
EPROM ( Erasable Programmable Read- Only Memory ) : EPROM adalah dapat digunakan kembali PROM - chip yang dapat dihapus oleh sinar ultraviolet khusus. EPROM memegang isinya sampai instruksi terhapus dan baru dapat ditulis di atasnya.

            
EEPROM ( elektrik dihapus Programmable Read- Only Memory ) : -chip EEPROM dapat dihapus , baik di dalam komputer atau eksternal , dengan tenaga listrik . Proses ini biasanya membutuhkan tegangan lebih dari umum +5 volt digunakan dalam sirkuit logika .

    
Penyimpanan Primer ( Memory )

        
Penyimpanan primer ( penyimpanan internal , memori utama atau memori ) adalah ruang penyimpanan kerja komputer yang menyimpan data , instruksi untuk pengolahan , dan data yang diolah (informasi ) menunggu untuk dikirim ke penyimpanan sekunder . Secara fisik , penyimpanan utama adalah kumpulan chip RAM .
        
Isi diadakan dalam penyimpanan primer hanya sementara . Kapasitas bervariasi dengan komputer yang berbeda . Data atau instruksi yang disimpan di lokasi penyimpanan utama yang disebut alamat .
sistem Jam

    
Jam adalah perangkat yang menghasilkan periodik , sinyal akurat spasi digunakan untuk beberapa tujuan seperti pengaturan operasi prosesor atau generasi interupsi . Rangkaian jam menggunakan getaran tetap dihasilkan dari kristal kuarsa untuk memberikan aliran pulsa ke prosesor . Sistem Jam mengontrol kecepatan semua operasi dalam komputer .
    
The clock speed adalah kecepatan internal komputer . Clock speed dinyatakan dalam megahertzes ( MHz ) . 33 MHz berarti 33 juta siklus per detik . Sebuah kecepatan prosesor komputer lebih cepat jika memiliki kecepatan clock yang lebih tinggi . Sebagai contoh, sebuah prosesor 100 Mhz - adalah empat kali lebih cepat secara internal sebagai prosesor yang sama berjalan pada 25MHz .
Slot Ekspansi / Dewan

    
Terbuka / Tertutup arsitektur

        
Buka Arsitektur: Arsitektur ini adalah sistem yang spesifikasinya dibuat publik untuk mendorong vendor pihak ketiga untuk mengembangkan produk add-on untuk itu . Kebanyakan mikrokomputer mengadopsi arsitektur terbuka . Mereka memungkinkan pengguna untuk memperluas sistem mereka menggunakan papan ekspansi opsional .

        
Ditutup Arsitektur : Ini adalah sistem yang spesifikasi teknis yang tidak dipublikasikan . Dengan mesin yang telah menutup arsitektur, pengguna tidak dapat dengan mudah menambahkan peripheral baru .

    
Slot ekspansi

        
Slot ekspansi adalah wadah di dalam unit sistem yang papan sirkuit tercetak ( papan ekspansi ) terhubung ke . Pembeli komputer perlu melihat jumlah slot ekspansi ketika mereka membeli komputer , karena jumlah slot ekspansi memutuskan ekspansi di masa datang . Dalam mikrokomputer , slot ekspansi secara langsung terhubung ke bus .

    
Board ekspansi

        
Papan ekspansi juga disebut kartu ekspansi , kartu controller, plug-in papan , kartu adapter , atau kartu antarmuka . Papan ekspansi dicetak papan sirkuit yang memiliki banyak komponen elektronik termasuk chip . Mereka terhubung ke slot ekspansi .
        
Papan ekspansi yang terhubung ke peripheral melalui port yang terletak di tepi papan ekspansi . Papan ekspansi termasuk kartu memori ekspansi ( misalnya , SIMM ) , I / O kartu controller ( misalnya , SCSI Card ) , kartu tampilan video, kartu suara, kartu komunikasi , dll
Ports

    
Sebuah port adalah sebuah soket menghubungkan eksternal di luar komputer . Ini adalah jalur masuk dan keluar dari komputer . Sebuah port memungkinkan pengguna plug in peripheral luar , seperti monitor , scanner dan printer .

    
Serial Ports

        
Serial port I / O konektor yang digunakan untuk melampirkan modem , scanner atau perangkat antarmuka serial lainnya ke komputer eksternal . Port serial khas menggunakan 9 -pin DB - 9 atau 25 -pin konektor DB-25 . Serial port mengirimkan bit satu demi satu pada jalur komunikasi tunggal. Serial garis sering digunakan untuk menghubungkan peralatan yang tidak terletak dekat.

    
Port paralel

        
Port paralel eksternal I / O konektor pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan printer atau perangkat antarmuka paralel lainnya . Port paralel menggunakan konektor DB-25 . Port ini mengirimkan beberapa bit secara bersamaan . Garis paralel memindahkan informasi lebih cepat daripada saluran serial lakukan .
bis-bis

    
Bus adalah jalur data antara beberapa komponen hardware di dalam atau di luar komputer . Ini tidak hanya menghubungkan bagian-bagian dari CPU untuk satu sama lain, tetapi juga menghubungkan CPU dengan hardware penting lainnya . Perangkat keras penting lainnya termasuk memori , unit kontrol disk, unit kontrol terminal , unit kontrol printer , dan unit kontrol komunikasi . Kapasitas bus dinyatakan sebagai bit . Sebuah bus kapasitas yang lebih besar lebih cepat dalam transfer data . Sebagai contoh, bus 32 -bit lebih cepat daripada bus 8 -bit .

    
Tiga Utama Arsitektur Bus

        
ISA ( Industry Standard Architecture ) : ISA diucapkan i- Suh . Ini adalah arsitektur bus PC asli . Ini mencakup 8 - bit ( PC , XT ) dan 16 - bit ( AT ) bus di IBM seri komputer pribadi dan yang kompatibel . Sekarang , mengacu khusus untuk 16 -bit bus AT .

        
MCA ( Micro Saluran Arsitektur ) : Sebuah bus 32-bit yang digunakan dalam IBM P / S 2 seri dan model IBM lainnya . Arsitektur ini memungkinkan multiprocessing yang memungkinkan beberapa prosesor untuk bekerja secara simultan . Micro saluran arsitektur tidak kompatibel dengan arsitektur bus PC .

        
EISA (Extended Industry Standard Architecture ) : EISA diucapkan Eesa . Ini adalah standar bus untuk PC yang meluas AT bus ( bus ISA ) arsitektur bus 32 -bit . Arsitektur ini juga memungkinkan lebih dari satu CPU untuk berbagi bus . Tujuan dari EISA adalah untuk memperluas dan mengubah standar ISA , sehingga semua yang ada AT papan ekspansi dapat bekerja dengan slot EISA .

    
Bus lokal

        
Kinerja komputer mikro sering tertahan oleh kartu video relatif lambat dan peripheral lainnya , yang tidak dapat bersaing dengan CPU cepat hari ini . Sebuah bus lokal mengurangi kesenjangan kinerja antara mikroprosesor kecepatan tinggi dan hard disk lebih lambat , papan video dan peripheral lainnya .
        
Ada dua sistem lokal - bus yang tersedia saat ini . Setiap bus berharap untuk meningkatkan kinerja mikro untuk I / O - tugas intensif . Mereka adalah VL - Bus dan bus lokal PCI .

            
VL -Bus ( VESA Local Bus ) : spesifikasi VESA diperkenalkan oleh VESA ( Video Electronics Standards Association ) . VL - Bus menambahkan komponen perifer dan konektor untuk bus lokal 486 yang ada motherboard dan tersedia pertama. Kinerja arsitektur VL - Bus menurun tajam ketika mendukung lebih dari dua perangkat , dan spesifikasi saat ini terbatas pada jalur data 32-bit dan operasi 33 - MHz . Desain ini menghilang .

            
PCI ( Peripheral Component Interconnect ) : A PCI chip set menambahkan bus 64 -bit - lebar antara mikroprosesor dan peripheral untuk menawarkan jalur data 64-bit . Chip ini mendukung kecepatan 66 MHz . PCI dapat mentransfer data baik 32 - atau 64 - bit pada satu waktu . Arsitektur ini dikembangkan oleh Intel , Compaq , Desember , IBM dan NCR . \ PCI teknologi menggabungkan lapisan mengelola untuk rute dan mengelola data untuk penanganan efisien transfer data berkecepatan tinggi antara mikroprosesor dan peripheral .
            
Tujuan desain adalah untuk menghasilkan murah , antarmuka kinerja tinggi dan dukungan generasi masa depan peripheral . PCI menyediakan kompatibilitas yang sangat baik , throughput yang lebih tinggi dan konfigurasi otomatis kartu perifer . PCI juga memiliki fitur seperti upgrade dan fleksibilitas plug- and-play .

            
Perbandingan : Kedua teknologi mempekerjakan mikroprosesor bus lokal bukannya input / output sistem bus untuk cepat pertukaran data antara prosesor dan peripheral \ Desain VESA mencapai pasar pertama dan lebih murah daripada PCI , tapi PCI secara teknis lebih unggul . . Sebuah VL - Bus biasanya hanya mendukung dua atau tiga peripheral lokal - bus , sedangkan PCI dapat mendukung hingga 10 bus lokal . PCI menggunakan jalur bus kurang dari VL - Bus . Hal ini memungkinkan PCI untuk akhirnya biaya lebih sedikit untuk memproduksi . PCI kini mendominasi pasar .
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar